CORETAN KULIAH ANAK PASCA (abdul azizul hakim)

TEKHNOLOGI PENDIDIKAN DR.BAMBANG WINARTO.M.PD.MM TEKHNOLOGI PEMBELAJARANDAN
KINERJA PENDIDIKAN


tekhnologi pembelajaran: teori  dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian proses dan sumber untuk belajarINQUIRY: PENELITIANTIDAK SEMUA MAHTA PELAJARAN DAPAT DIJADIKAN INQUIRYTEKHNOLOGI PEMBELAJARAN:DEFINISITeori dan Praktek dalam–          MerancangMerancang sesuatu tu harus jelas, dan adapat dibuktikan sesuai dengan realita yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaranTEORI dan PRAKTEKTeori merupakan konsep  (konstruk) sedangkan praktek adalah penerapan pengetahuan tersebut dalam memecahkan permasalahan

DOMAIN. RANCANGAN

  1. Rancangan sistem pembelajaran       : merancang bentuk pembelajaran
  2. Rancangan pesan                                      : mengatur cara penyampaian dalam pembelajaran
  3. Strategi pembelajaran                            : contoh strategi pembel. Penggunaan macam metode sesuai  dengan mapel yang diampu
  4. semua jenis motode pembelajaran ada langkah-langkahnya.urutan metode ceramah : 1. Pendahuluan 2. Isi. 3. PenutupEKSPOSTORI: merupakan metode dalam melakukan pembelajaran dalam mennetukan metode  pembelajaran = pendahuluan, membuat masalah/rumusan masalah, diskusi (penyelesaian masalah, kesimpulan, evaluasi, penutup.“ guru tidak boleh menoton” dikarenakan sebuah metode yang baik apabila guru bersifat controling.SETRATEGI PEMBELAJARAN: merupakan spesifikasi untuk menyelesaikan dan mengurutkan peristiwa belajar atau kegiatan pembelejaran dalam suatu pembelajaran ,,,,,,, adapun teori tentang strategi pembelajaran meliputi situasi belajar, seperti beajar induktif, serta komponen.DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN: merupakan prosedur dalam pelaksanaan pembelajaran,Penggunaan desain apabila terlalu tegang dan siswa meremehkan guru maka harus mengambil tindakan dengan metode BEHAVIOR ( bersikap tegas )KAWASAN PENGEMBANGAN DAPAT DIJELASKAN DENGAN DANYA:Pesan didorong oleh isi:  guru harus mempu mengembangankan tata cara untuk menyampaikan dalam pembelajaran, pengembangan materi belajar yang meliputi keluar materi pembelajaran dengan singkronisasi materi inti dengan pengembangan..Strategi didorong oleh teori: penggabungan inti permasalahan belajar didasari dengan teori-teoriPEMANFAATAN :Pemanfaatan media : pemanfaatan media pembelajaran untuk mendapatkan materi pembelajaranDifusi Inovasi : penemuan baruImplementasi pelembagaan: mengetahui jenjang pendidikanKebijakan aturan : mengetahui aturan sesuai dengan permendiknas, aturan pusatPengelolaan sistem penyampaian : menyampaikan materi pembelajaran yang sistematis agar bersifat khusus dan dapat diterima dengan mudah oleh siswa.pengelolaan informasi: membandingkan sumber informasi terkait dengan pengembanganm dunia pendidikan“GURU YANG SENONOH MAKA ITU CIRI GURU YANG MENUJU STRUK”Pengelolaan Proyek Meliputi:Perencanaan : merncanakan pengelolaanMonitoring dan pengendalian proyek:  pemeriksaan /evaluasiDesain dan pengembangan:Pengendalian sistem pendukung

ANALISIS MASALAHMencakup cara penentuan sifat dan parameter masalah dengan menggunakan strategi pengumpulan informasi dan pengambilan keputusan.Bagimanapun baiknya anjuranorang program yang diarahkan pada tujuan yang tidak/kurang dapat diterima akan dinilai gagal dalam memenuhi kebutuhan.MODEL PENILAIANFormatif: pengumpulan informasi ttg kecukupan dan penggunaaninformasiSumatif: pengumpulan informasi ttg kecukupan utk pengambilan keputusan
PAP ( pengukuran acuan patokan)Penelitian TAP: YANG HARUS DI TELITI ADALAH, STRATEGI,PENGARUH

Leave a comment